Powered By Blogger

October 2, 2013

INTI MANAJEMEN


Uraian hubungan antara administrasi dengan manajemen terdapat salah satu kesimpulan bahwa manajemen merupakan inti dari administrasi karena manajemen merupakan alat pelaksana utama dari administrasi. Manajemen tidak melaksanakan sendiri kegiatan yang bersifat operasional, melainkan mengatur berbagai tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan”. 
Sekarang timbul pertanyaan apakah inti manajemen itu?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dikemukakan beberapa pen-dapat pakar/ahli, yaitu:
1.      Dimock & Koening (1960) “Leadership is the key to management (Kepemimpinan adalah inti dari manajemen)
2.      Siagian (1981) mengemukakan “kepemimpinan merupakan inti dari manajemen karena kepemimpinan merupakan motor penggerak dari semua sumber-sumber dan alat-alat (resources) yang tersedia bagi suatu organisasi.”
3.      Sukarno (opcit) yang mengisahkan sebuah buah-buahan yaitu kulitnya diumpamakan dengan administrasi, dagingnya diumpamakan dengan manajemen, dan bijinya adalah kepemimpinan. Apa yang mula-mula sekali dilihat terhadap buah-buahan itu adalah kulitnya, setelah dikupas barulah didapat dagingnya dan itulah yang menentukan manis pahitnya dari buah-buahan itu bila dimakan. Kalau dagingnya sudah dimakan, maka dilihatlah bijinya. Demikian pula halnya dengan manajemen, maka yang pertama-tama disoroti adalah kulit luarnya “administrasi” kemudian intinya yaitu “manajemen” selanjutnya bertemu dengan inti dari manajemen disebut dengan “kepemimpinan (leadership)”
Atas dasar keterangan  tersebut di atas, sementara orang akan dengan mudah menarik suatu simpulan analog. Jadi kalau dengan demikian halnya, maka kalau manajemen telah diperoleh berarti administrasi (kulit) dan kepemimpinan (biji) dibuang. Sepintas lalu anggapan itu memang benar, tetapi kalau hal tersebut dipikirkan secara dalam ditinjau dari sudut botani persoalannya akan jadi lain.
Contoh: kulit dikupas dan dibuang maknanya tidak lain adalah untuk pupuk/menjadi rabuk, biji diambil dan dibuang maknanya adalah disebar/dipencar untuk kemudian tumbuh dan membuah. Demikian pula halnya dengan administrasi dan kepemimpinan. Analog dengan hal tadi maka baik tidaknya buah itu nanti sangat bergantung pada kualitas bijinya. Kaitannya dengan manajemen, maka baik tidaknya manajemen bergantung pada baik tidaknya kepemimpinan dan seterusnya.

No comments:

Post a Comment