Powered By Blogger

October 2, 2013

PROSES MANAJEMEN (THE MANAGEMENT PROCESS)



Uraian terdahulu telah dikemukakan pengertian manajemen sebagai suatu kegiatan usaha kearah pencapaian tujuan tertentu dengan melakukan kerja sama orang lain serta dengan pemanfaatan sumber-sumber lain yang tersedia untuk itu. Jika rumusan pengertian tersebut dikaji, maka manajemen dapat dipandang sebagai sesuatu yang berjalan atau berlangsung atau lebih tepat lagi diakatakan sesuatu proses.
Menurut “The Random House Dictionary of the English Language” (effendy, 1989) proses berarti: “a systematic series of action directed to some end” (rangkaian kegiatan sistematis yang diarahkan kepada suatu tujuan).
Berdasarkan pengertian proses tersebut, manajemen adalah kegiatan yang terus menerus, tetapi sistematis. Tidak sembarangan atau asal saja, melainkan secara teratur. Dalam keteraturan yang terus menerus itu, manajemen tidak tanpa tujuan, melainkan ada tujuan yang akan dicapai. Tetapi meskipun tujuan telah tercapai, tidak berarti kegiatan berhenti, karena dalam dinamikanya manajemen, suatu tujuan yang telah dicapai disusul atau dilanjutkan dengan tujuan berikutnya.
Manajemen sebagai suatu proses, banyak tugas atau fungsi yang fundamental dilakukan. Fungsi fundamental ini oleh beberapa ahli berlainan pendapat, tetapi pada hakikatnya yang jadi klasifikasi pokok yaitu: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan.
Berhubung dengan pencapaian tujuan melalui kerja sama orang lain, titik beratnya pada usaha pemanfaatan orang-orang yang berarti bukan ia yang melakukan performancenya, akan tetapi melalui sumber-sumber yang tersedia untuk itu, sebagai sarana dan prasarana usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. Adapun yang dimaksud dengan sumber-sumber yang tersedia untuk itu adalah segenap potensi yang dapat dimanfaatkan dalam rangka penyelesaian pekerjaan-pekerjaan usaha kerja sama yang bersangkutan. Sumber-sumber ini sebagian pakar menyebut sebagai sarana manajemen yang lebih terkenal dengan istilah “The six M”S is management (Enam M di dalam manajemen) yaitu: orang (man), uang (money), materi (materials), peralatan/mesin (machines), tatakerja (methods), dan pemasaran (market). Namun dalam perkembangan dewasa ini, sebagai era globalisasi perlu ditambahkan dengan informasi sehingga menjadi 6M + 1 I (man, money, materials, machines, methods, market, and information

No comments:

Post a Comment