Powered By Blogger

October 2, 2013

TUJUAN MANAJEMEN



Timbulnya manajemen sebagai suatu ilmu berdasarkan sejarah yaitu disebabkan adanya pemborosan baik tenaga kerja, waktu maupun materi dan biaya di dalam setiap pekerjaan dalam sesuatu usaha. Untuk mengatasi penghamburan ini, Taylor menyelidiki setiap pekerja dalam shop-work dengan menggunakan time and motion study atau studi tentang gerak dan waktu dari tenaga kerja dalam suatu perusahaan baja di Amerika Serikat. Akhir dari studi tentang gerak dan waktu ini adalah terciptanya efisiensi dalam melakukan segala pekerjaan.
Selain itu, Fayol seorang insinyur pertambangan batu bara di Perancis menyelidiki pula sebab-sebab dari usaha pertambangan dan berhasil menemukan prinsip-prinsip yang sangat berguna dalam pengurusan usaha pertambangan tersebut, sehingga pertambangan itu kembali berjalan dengan lancar.
Dari dua hasil penelitian tersebut di atas, dapat dikemukakan bahwa tujuan manajemen yaitu:
1.      Untuk mewujudkan adanya efisiensi di dalam setiap usaha baik yang dilakukan oleh sipil, militer maupun yang dilakukan oleh negara ataupun swasta
2.      Untuk menjamin adanya kelancaran dan kelanjutan usaha sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.
Abdulrachman (1973), Handayaningrat (1985), dan juga Sukarno (opcit) mengemukakan bahwa tujuan manajemen ialah tercapainya hasil secara efektif dan efisien. Efektif adalah berhasil guna yaitu tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan efisien adalah berdayaguna yaitu adanya perbandingan terbaik antara suatu hasil dengan usahanya. Perbandingan terbaik dapat dilihat dari segi:
1.      Hasil: suatu kegiatan dapat disebut efisien kalau dengan usaha tertentu memberi hasil yang maksimal. Maksimal mengenai mutu atau jumlah satuan hasil itu.
2.      Usaha: suatu kegiatan dapat dikatakan efisien kalau suatu hasil tertentu tercapai dengan usaha minimal. Usaha dapat dikembalikan kepada lima unsur yaitu: a) pikiran, b) tenaga, c) waktu, d) ruang, dan e) benda (termasuk uang).
Manajemen yang baik yaitu segala sesuatu yang dilaksanakan untuk tujuan tertentu, diupayakan dengan hasil yang berhasilguna (efektif) dan berdayaguna (efisien) yang berarti tepat, cepat, hemat, dan selamat.
Tepat      : ialah sesuatu yang dikehendaki tercapai, kena sasaran, memenuhi target. Benar- benar yang dicita-citakan jadi realita.
Cepat      :  ialah sebelum waktu yang ditetapkan pekerjaan tersebut telah selesai
Hemat    :  ialah dengan biaya yang sekecil-kecilnya diperoleh sesuatu yang diharapkan tanpa terjadi pemborosan dalam bidang apapun
Selamat           :           ialah segala sesuatu sampai pada tujuan yang dimaksud tanpa mengalami berbagai hambatan, kelambatan ataupun kemacetan.

No comments:

Post a Comment